4 layer tcp/ip




1. Application layer

Lapisan ini merupakan layer dimana proses jaringan yang bisa diakses user berada. Merupakan layer teratas dalam hirarki. Aplikasi TCP/IP adalah segala proses network yang terjadi di atas transport layer, termasuk semua proses yang user secara langsung berinteraksi dengannya.

2. Presentation layer

Untuk aplikasi-aplikasi yang berkomunikasi (bertukar data) mereka harus sepakat dalam hal bagaimana data direpresentasikan. Dalam OSI layer ini menyediakan rutin standart presentasi data, yang dalam TCP/IP fungsi ini sudah ditangani oleh aplikasi


3. Session layer

Dalam OSI, layer ini berfungsi untuk mengatur session / hubungan antara aplikasi yang berkomunikasi. Sedangkan dalam TCP/IP fungsi ini sebagian besar dijalankan pada transport layer, dan istilah session tidak digunakan. Sebagai gantinya dalam TCP/IP menggunakan istilah socket dan port untuk menjelaskan jalur mana komunikasi aplikasi tertentu berada.


4. Transport layer


Dalam OSI, layer ini menjamin penerima mendapatkan data yang persis ketika ia dikirimkan. Dalam TCP/IP fungsi ini dilakukan oleh TCP (Transmission Control Protocol). Selain itu TCP/IP juga menawarkan servis transport layer yang lain, seperti UDP (User Datagram Protocol) yang tidak mementingkan pemeriksaan keandalan komunikasi end-to-end.








This entry was posted by gita-s'tkad. Bookmark the permalink.

One thought on “4 layer tcp/ip”

Leave a Reply